iPhone Baru ,Kok Apple Makin Turun?

Apple mengumumkan duet ponsel pintar baru iPhone 5S dan iPhone 5C pada 10 September kemarin. Menyusul perkenalan dua perangkat tersebut, saham Apple malah tercatat sempat menurun 5 persen pada perdagangan pagi hari berikutnya.

Dikutip dari Business Insider, investor rupanya kecewa dengan harga iPhone 5C yang dinilai kelewat mahal. 

Dengan banderol 549 dollar AS di Amerika Serikat dan 733 dollar AS di China, smartphone itu hanya akan menjadi produk high-end lain dari Apple, bukan menyasar segmen pasar menengah seperti yang diperkirakan selama ini.

Dengan casing (cangkang) plastiknya, iPhone 5C seharusnya lebih mudah dan murah untuk diproduksi sehingga berpotensi meningkatkan margin Apple. Perusahaan tersebut juga menyatakan bakal mulai menjual produk cangkang untuk iPhone 5C dan iPhone 5S yang akan menyumbang profit.

Masalahnya adalah Apple terlihat tidak berupaya meningkatkan pangsa pasarnya lewat peluncuran duet iPhone kemarin, sementara posisi Apple di dunia smartphone semakin ditekan oleh Android.

Data terakhir dari IDC pada kuartal-II 2013 menunjukkan bahwa Apple hanya menguasai 13,2 persen pasaran smartphone, sementara Android meraja dengan angka 80 persen.

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.
Topics :