Konser Digital

Digilive mulai dikembangkan sejak 2012 lalu. Situs ini belum resmi diluncurkan, namun sudah bisa diakses oleh publik, meskipun belum sempurna. Dalam waktu dekat, Digitama Group selaku pengelola Digilive, akan meluncurkan situs ini secara resmi.

Untuk dapat mengetahui konser musisi apa saja yang akan live streaming di Digilive, pengguna dapat melihat di jadwal Live Schedule. Di sana terpampang informasi nama musisi, tanggal, tempat, dan waktu konser yang akan ditayangkan secara live streaming.

Marketing Communications Digilive, Iyut Syfa mengatakan, Digilive telah bekerja sama dengan banyak grup musik dan penyanyi lokal. "Kebanyakan adalah musisi indie. 

Iyut mengklaim, Digilive merupakan situs web yang menampilkan video konser live streaming pertama di Indonesia.

Namun, menurut pengamat musik Widi Asmoro, Digilive bukanlah yang pertama menawarkan video konser live streaming di Indonesia. Sebelumnya, MusikKamu.com pernah menawarkan hal serupa. "Google+ Share the Stage juga pernah melakukan hal itu, dan dilengkapi dengan wawancara dari musisi yang bersangkutan," ujar Widi saat dihubungi via telepon.

Ada beberapa tantangan yang harus dihadapi Digilive dalam menyajikan konser secara live streaming, di mana penggunanya tak dapat merasakan suasana di lokasi tempat konser berlangsung. Agar dapat meraih sukses, menurut Widi, Digilive harus mengemas konser dengan kualitas video dan audio standar siaran televisi.

"Mereka harus bisa menawarkan video konser dengan standar siaran TV, meskipun medianya adalah internet," ujarnya.

Digilive sudah melakukan uji coba meliput dan menampilkan video konser live streaming perdananya pada acara Social Media Festival 2013 di FX Sudirman, Jakarta.  Grup musik yang pertama diliputnya adalah Morfem dan SuperGlad. Dalam peliputannya, Digilive membawa peralatan yang selanjutnya akan ditata untuk merekam audio dan video, dan ditayangkan langsung di situs Digilive.

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.
Topics :