Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Asma


Bener tidak ya bahwa penderita asma tidak boleh berolahraga?  Asma merupakan penyakit gangguan pernafasan yang dipicu oleh faktor alergi, dan biasanya muncul bila si penderita terpicu sumber alergen atau kelelahan. Oleh karena itu banyak orang tua yang memiliki anak penderita asma yang khawatir anaknya akan sesak bila berolahraga. Akibatnya mereka melarang anak mereka untuk beraktivitas.

Tindakan ini sebenarnya kurang tepat, karena anak menjadi merasa rendah diri dengan kondisinya. Sebenarnya penderita asma masih dapat beraktivitas dan berolah raga. Olah raga yang tepat untuk penderita asma adalah olahraga yang tidak terlalu berat dan menghabiskan energi, contohnya adalah memanah atau golf.
Renang dan jalan pagi di pedesaan juga merupakan olahraga yang tepat untuk penderita asma, karena udara di kolam yang dingin dapat membuat penderita asma lebih baik, namun sebelumnya sebaiknya penderita menghirup obat asma terlebih dahulu.
Asma memang bukan penyakit menular dan juga bukan penyakit turunan seperti yang selama ini kita ketahui. Tidak semua ibu penderita asma yang memiliki anak dengan kondisi yang sama. Namun setiap anak yang menderita asma kemungkinan memiliki orang tua yang menderita asma. Munculnya asma cenderung dipicu oleh alergi yang diderita oleh penderita asma.
Sejauh ini belum ada obat yang mampu menyembuhkan asma seratus persen, hanya dengan berolahraga ringan dapat meningkatkan imun tubuh sehingga resiko asma bisa berkurang. Terbukti bahwa beberapa penderita asma jarang kambuh setelah rutin berolahraga renang.
Memang harus diakui bahwa olahraga yang dapat dilakukan oleh penderita asma masih terbatas pada olahraga ringan dan ilmu pernafasan. Penderita asma yang menggemari sepakbola masih harus menyimpan rapat keinginannya untuk bermain bola, karena dapat memicu munculnya asma. Selain memanah, golf, dan berenang, olahraga yang tepat untuk penderita asma yang lainnya adalah menembak. Menembak merupakan olahraga yang tidak membutuhkan banyak energi, sehingga aman untuk penderita asma, namun memang sebaiknya penderita asma selalu menghirup obat pereda asma sebelum melakukan aktivitas.

What's on Your Mind...

Powered by Blogger.
Topics :